Senin, Agustus 27, 2007

Tentang Veteriner

ada ekonomi VETERINER
ada politik VETERINER
ada VETERINER sebagai terjemahan bahasa Idonesia dari bahasa Inggris Veterinary
ada Masyarakat Kesehatan VETERINER
ada otoritas VETERINER
ada orang yang mengklaim VETERINER adalah domainnya sehingga merasa harus berkuasa atasnya.

apakah VETERINER itu?

ada orang bilang VETERINER adalah segala hal tentang hewan dan penyakitnya

padahal, VETERINER yang dalam bahasa Inggris Veterinary, menurut kamus Inggris ke Indonesia, veterinary adalah berkenaan dengan penyakit hewan

http://www.sederet.com/translate.php?kata=veterinary&var=2222e75d7cdf2b74cc6b9de5f81f72a2&from_to=eng2indo

Jadi orang yang mau memperjuangkan otoritas VETERINER berarti memperjuangkan segala hal yang berkenaan dengan penyakit hewan itulah maka VETERINARIAN dalam bahasa Indonesia disebut sebagai orang yang ahli tentang segala hal yang berkenaan dengan penyakit hewan yang sudah tentu untuk disembuhkan alias DOKTER HEWAN.

lalu apa makna ekonomi veteriner, politik veteriner, kesehatan masyarakat veteriner dll itu? jelas semua terkait dengan ekonomi, politik, kesehatan masyarakat veteriner yang bersebab akibat oleh VETERINER alias segala hal yang berkenaan dengan penyakit hewan.

maka domain VETERINER oleh veterinarian atau dokter hewan sebetulnya terbatas pada segala hal yang berkenaan dengan penyakit hewan.

Sedangkan untuk kepentingan-kepentingan hal lain yang bersebab akibat dengan VETERINER, maka veterinarian atau dokter hewan tidak dapat menjalankannya sendiri.

Oleh sebab itulah pilihan tergantung pada veterinarian atau dokter hewannya sendiri:

- Mau menutup diri soal VETERINER dan segala hal bersebabakibat dengannya, atau

- Mau membuka diri soal VETERINER dan segala hal bersebabakibat dengannya.

Soal ekonomi VETERINER, jelas akan sangat terkait dengan peternak.
soal politik VETERINER, jelas akan sangat terkait dengan pemerintah
misalnya
soal kesehatan masyarakat VETERINER, jelas akan sangat terkait dengan pemegang domain kesehatan masyarakat yaitu dokter dan segala profesi terkait kesehatan

Dengan semua hal terkait ini, sebetulnya yang sangat dekat hal VETERINER adalah dokter hewan, paramedis veteriner, sarjana kedokteran hewan, ahli madya kedokteran hewan/ veteriner.

sedangkan yang lain kaitannya tidak secara langsung namun dunia VETERINER tidak akan punya manfaat apa-apa bila tidak melibatkan mereka, sehingga bicara soal keluarga VETERINER sebetulnya ada:

1. keluarga inti (anggota biasa): Drh, SKH, AMd Veteriner
2. keluarga tidak inti (anggota luar biasa): peternak, pemerintah, pebisnis, dll yang bidangnya bersebab akibat dengan VETERINER (segala hal yang berkenaan dengan penyakit hewan).
inilah bahasa lain yang ingin saya katakan terkait hal tsb..


Milis Dokter Hewan


Anggota milis dokter_hewan ini sangat bervariasi, bukan hanya dokter hewan. kita di sini memang tidak membicarakan profesi dokter hewan dari kaca mata dokter hewan semata. Namun dari kaca mata manusia, meski manusianya itu mungkin juga dokter hewan.

ketika menyadari bahwa kita manusia dan mempunyai ketergantungan dengan semua orang dan sesama, maka kita akan bisa melihat permasalahan bukan hanya dari kepentingan kita sendiri.

sejak berdiri tahun 2000, milis ini tidak dimaksudkan untuk semata-mata membela kepentingan dokter hewan. kita menempatkan dokter hewan sebagai pihak yang dipercaya untuk mengelola kehewanan sesuai pendidikannya di bidang kesehatan hewan.

pendidikan dokter hewan di Indonesia sampai saat ini lebih pada pendidikan kesehatan hewan, dan dokter hewan lebih berkompeten di bidang kesehatan hewan

ketika saat ini PDHI mendengungkan cakupan otoritas meliputi:

veterinary medical authority
dan
veterinary authority

menurut saya terjadi suatu bias cakupan yang ingin dikerjakan oleh dokter hewan terutama yang di bidang veterinary authority. Sebab ternyata terjadi ketidakjelasan pengertian Veterinary atau veteriner. sehingga PENGERTIAN TENTANG VETERINARY atau VETERINER HARUSLAH DIEPRJELAS, sesuai postingan saya terdahulu

veterinary lebih luas dari medical veterinary. itu pasti. veterinary mencakup semua hal bidang veteriner, kesehatan hewan, terkait penyakit hewan, BUKAN KEHEWANAN

pada kenyataannya bidang ini sudah begitu banyak pihak yang terlibat. dan melihat dari kepentingan semua orang yang punya hak azasi yang sama.. terjadilah irisan-irisan dengan bidang-bidang lain di luar bidang kedokteran hewan sendiri.

Sekali lagi, kedokteran hewan bukanlah kehewanan, sebab kehewanan pengertiaannya jauh lebih luas melibatkan pihak-pihak lain


Analog dengan Kedokteran


sebuah ANALOGI yang memudahkan kita memahami veteriner:

KEMANUSIAAN ---- lingkupnya sangat luas, yang ngurusi berbagai departemen: hukum, ham, pendidikan, sosial, dll, yang menyangkut kehidupan kita MANUSIA

KEHEWANAN ---- lingkupnya sangat luas terkait hewan, bukan hanya veteriner atau kesehatan hewan saja

KESEHATAN (MANUSIA)/ KEDOKTERAN UMUM ---- otoritas profesi pada Dokter Umum (Manusia)

KESEHATAN HEWAN/ KEDOKTERAN HEWAN / VETERINER---- otoritas profesi pada dokter hewan

Itulah mengapa selalu saya tidak sejalan dengan teman2 (setidaknya di milis dokter_hewan) yang menganggap wilayah profesi dokter hewan adalah semua bidang kehewanan, melebihi batas wilayah otoritas di bidang veteriner (yang terkait penyakit dan kesehatan hewan).

2 tulisan saya terdahulu dengan topik ini menguraikan wilayah DOKTER HEWAN (VETERINARIAN) bukan KEHEWANAN tersebut..

ya, semua ada tempatnya...

kita semua di milis ini sudah berdialog sejak tahun 2000, tentu kita harus memperoleh kemajuan (dalam konteks ini pengertian soal VETERINER)

sehingga jalan kita 'lurus'.

3 komentar:

Hafiz mengatakan...

saya senang dengan berita2 tentang dunia veteriner yang ada di blog ini, smoga makin banyak lagi berita tentang veteriner yang dipublikasikan. dari hafiz (FKH Unsyiah)

Hafiz mengatakan...

saya senang dengan berita2 tentang dunia veteriner yang ada di blog ini, smoga makin banyak lagi berita tentang veteriner yang dipublikasikan. dari hafiz (FKH Unsyiah)

Yonathan Rahardjo mengatakan...

syukurlah dapat bermanfaat. salam berhasil...